Mendengarkan untuk Bisa Bicara

download mendengarkan

Beberapa waktu lalu saya terpikirkan tentang fenomena alamiah yang ada di kehidupan sebagian saudara kita yang terlahir dengan kondisi sedikit tidak sempurna, yaitu orang dengan tunarungu atau biasa disebut “Tuli”.

Hampir semua orang tuli pada akhirnya akan menjadi bisu dengan sendirinya, saya berpikir tentang apa yang dapat kita pelajari dari fenomena tersebut, karena saya percaya Tuhan telah memberikan alam beserta segala fenomenanya untuk dipelajari oleh manusia.

Yang saya dapat simpulkan dari fenomena tersebut adalah sesungguhnya orang tuli yang menjadi bisu, bukan karena ketidakmampuan bicaranya secara alamiah, tapi dia menjadi bisu karena dia tidak dapat mencontoh dan tidak tahu bagaimana caranya menggunakan lidah yang dia miliki untuk berbicara.

Ya, ketidakmampuan mendengar dapat membuat seseorang tidak mengetahui kemampuan yang ada pada dirinya sendiri. Namun, saya juga melihat bahwa sebagian orang tersebut berusaha dan dapat berbicara walaupun tidak dengan sempurna.

images bisu

Nah, yang ingin saya bagikan ke saudara-saudara sekalian adalah bukan pada saudara-saudara kita yang terlahir kurang sempurna tersebut. Namun, bagian yang penting adalah di mana banyak manusia yang “mentulikan” dirinya sendiri.

Mentulikan disini dalam arti tidak mendengar tentang pendapat orang lain, menganggap diri sendiri paling benar, dan menutup diri dari segala kritik dan saran dari orang-orang sekitar kita. Terkadang arogansi membuat kita menjadikan diri kita terlalu sempurna untuk mendengar pendapat orang lain.

Pada akhirnya sikap seperti itu membuat kita sulit meningkatkan kualitas pribadi kita, dan dapat membuat kita bahkan tidak mengetahui kemampuan yang ada pada diri kita sendiri.

Menarik kesimpulan di atas. Maka, langkah baiknya. Adalah kita membuka diri kita terhadap pendapat, kritik, saran, dan segala masukan yang ditujukan orang lain terhadap diri kita. Yang baik kita terima dan kita lakukan, yang buruk kita jadikan pelajaran dan kita jauhi.

Percayalah bahwa keterbukaan yang berasal dari kerendahan hati adalah awal dari proses perbaikan kualitas hidup.

Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s