MARK CUBAN: 12 PERATURAN UNTUK STARTUP

 

Pembisnis??? pasti memiliki petunjuk dan peraturan sendiri, sekarang saya akan membagikan apa yang saya miliki!!!

Peraturan yang saya tuliskan dibawah ini bukan hanya untuk mereka yang mendirikan perusahaan, tapi juga untuk mereka yang ingin bekerja untuk perusahaan tersebut.

  1. Jangan membangun sebuah perusahaan, kecuali itu adalah sebuah obsesi dan sesuatu yang Anda sukai
  2. Jika Anda memiliki strategi untuk ‘keluar’ (exit strategy), maka hal itu bukanlah sebuah obsesi.
  3. Pekerjakan orang-orang yang Anda pikir akan menyukai saat bekerja di perusahaan Anda.
  4. Penjualan menyelesaikan segalanya, ketahuilah bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang dan bagaimana Anda akan melakukan penjualan.
  5. Ketahuilah kompetensi utama Anda, dan berfokuslah untuk menjadi yang terbaik dalam bidang-bidang tersebut. Pekerjakan orang-orang terbaik yang memiliki kompetensi utama Anda. Di luar kompetensi yang Anda miliki, pekerjakan orang yang cocok dengan budaya perusahaan tapi tidak perlu dibayar mahal.
  6. Sebuah mesin espresso? Jangan bercanda! Minum kopi sendirian di kantor adalah untuk loser. Waktu makan siang adalah kesempatan untuk keluar dari kantor dan berbincang-bincang ditemani segelas kopi. Ada 24 jam dalam satu hari, dan jika mereka menyukai pekerjaannya, mereka akan berusaha mencari cara untuk memberikan yang terbaik untuk pekerjaannya, termasuk membangun network tanpa kenal lelah sambil minum kopi di luar jam kerja.
  7. Tidak ada ruang kantor tertutup. Kantor dengan konsep open office menjaga setiap orang mengetahui semua perkembangan dan menjaga energi mereka tetap tinggi. Jika salah seorang karyawan membutuhkan privasi, silahkan tunjukkan jalan menuju toilet untuk mereka. Tidak ada yang privat di dalam sebuah perusahaan startup. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menhindari merekrut eksekutif yang tidak bisa bekerja dengan baik di dalam sebuah startup. Ketakutan terbesar saya adalah merekrut seseorang yang ingin membangun sebuah kerajaan. Jika orang tersebut selalu ingin bepergian dengan kelas satu, atau ingin membawa sekretaris pribadinya, hindari orang itu. Jika seseorang tidak ingin melakukan penjualan melalui telepon (sales call), hindari. Mereka adalah para empire builders dan mereka akan merusak perusahaan Anda.
  8. Secepat apapun perkembangan teknologi, jalankan dengan apa yang Anda ketahui. Ini adalah cara yang paling murah. Jika Anda mengerti Apple, gunakan. Jika Anda fasih menggunakan Vista, cari alasan kenapa memerlukannya, lalu gunakan. Karena perusahaan Anda adalah sebuah startup, maka hanya akan ada beberapa karyawan. Biarkan mereka menggunakan apa yang mereka biasa gunakan saja.
  9. Jagalah agar struktur organisasi Anda tetap rata (flat). Jika Anda membuat seorang manager harus melapor pada manager lain dalam sebuah startup, maka Anda akan gagal. Setelah Anda melewati tahap startup, saat Anda memiliki manager yang melapor pada manager lain, Anda sudah menciptakan politik.
  10. Jangan membeli baju polo yang dijahit dengan logo Anda. Sebuah tanda kegagalan dalam startup adalah saat seseorang mengirimkan baju polo yang disulamkan sebuah logo. Jika orang-orang Anda bekerja di publik (misalnya SPG), tidak masalah jika Anda ingin membelikannya untuk karyawan Anda.Tapi jika Anda berpikir bahwa orang-orang (user Anda) akan menggunakan polo dengan brand Anda saat mereka sedang berjalan-jalan di mall, Anda salah dan tidak memiliki pemikiran yang benar tentang cara menggunakan uang Anda.
  11. Jangan pernah menyewa jasa firma Public relation. Mereka akan menelepon atau mengirimkan email dalam publikasi yang sudah pernah Anda baca, dalam acara yang sudah Anda tonton, dan situs yang sudah Anda jelajahi. Mereka adalah orang-orang yang mempublikasikan email. Kapanpun Anda mengkonsumsi suatu informasi yang berhubungan dengan bidang Anda, carilah email orang yang membuatnya dan kirimkan email pesan untuk mengenalkan perusahaan Anda. Tugas mereka adalah menemukan sesuatu yang baru. Mereka akan senang mendapat info langsung dari seorang pendiri (founder) daripada dari sebuah firma public relation. Segera setelah Anda mulai berkomunikasi dengan orang tersebut, pastikan diri Anda ada untuk menjawab pertanyaan mereka tentang industri yang Anda jalani dan menjadi sumber informasi untuk mereka. Jika Anda cukup cerdas, mereka akan menggunakan Anda sebagai sumber berita.
  12. Buatlah pekerjaan menjadi menyenangkan untuk karyawan-karyawan Anda. Perhatikan dan jaga tingkat stress, pencapaian yang mereka dapat dan berikan reward untuk mereka. Perusahaan pertama saya, MicroSolutions, setiap kali kami memecahkan rekor penjualan, atau saat seseorang melakukan sesuatu yang spesial, saya akan berkeliling dan membagi lembaran 100 dolar pada para sales. Di Broadcast.com dan MicroSolutions, kami memiliki sebuah kegiatan perusahaan. Kami namakan ‘The Kamikaze’. Kami akan mengajak orang-orang ke sebuah bar dan membelikan minuman untuk mereka. Di MicroSolutions, lebih sering biayanya dibayar oleh vendor, karena Vendor selalu menyukai pesta yang menyenangkan.
  13. Cintailah yang sudah ada di depan mata ANDA!!!

Semoga Bermanfaat Bagi kita Semua…Silahkan Bagikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s