Samakah Pahala Orang Yang Membaca Terjemahan Al-Quran Saja Dengan Orang Yang Membaca Nash Arabnya ?

Pertanyaan:

Assalamualaikum,,ustad saya mau nanya,ada seseorang dia tidak bisa membaca Al-Qur’an tapi hanya bisa baca artinya saja,maksud saya tidak bisa baca tulisan arabnya tapi hanya bisa baca artinya saja,dan dia memahami & mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,pertanyaan saya apakah sama pahalanya dengan orang yg bisa membaca tulisan arabnya & hukumnya apa mohon penjelasanya ustad,terimakasih sebelumnya.

(Dari saudari Nilam anggota grup T/J Kajian Al Amiry)

Jawab:

Disebutkan dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa yang membaca sebuah huruf dari kitab Allah, maka baginya akan mendapatkan sebuah kebaikan. Dan sebuah kebaikan akan dilipat gandakan menjadi 10 ganjaran. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim adalah sebuah huruf. Akan tetapi Alif adalah satu huruf fan Laam adalah satu huruf dan Miim adalah satu huruf” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Sedangkan  orang yang hanya membaca terjemahan Al-Qurannya saja, maka dia tidak membaca satu huruf dari teks Al-Quran dia hanya membaca teks terjemahan. Maka dia tidak mendapatkan pahala membaca huruf-huruf Al-Quran yang telah diterangkan oleh Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam, berbeda dengan orang yang membacanya.

Kalau ditanyakan: “Dia tidak bisa membaca teks Al-Quranya, maka apakah ada solusi untuknya ?”

Jawabannya : “Tentu ada”.  Yakni belajar untuk membaca Al-Quran dan tidak mencukupkan diri dengan membaca terjemahannya saja.

Walaupun dia terbata-bata dalam membaca Al-Quran dan tidak mahir karena masih pemula, maka dia akan tetap mendapatkan pahala membaca huruf-huruf Al-Quran dan justru ditambah lagi oleh dengan pahala bersabar atas kesulitan di saat membacanya.

Rasulullah shallallahu alahi wa sallam bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ، وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ، لَهُ أَجْرَانِ

“Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran maka dia akan bersama kumpulan malaikat yang ta’at. Dan orang yang membaca Al-Quran dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan dalam membacanya, maka dia akan mendapatkan 2 pahala” (HR. Muslim)

Para ulama menjelaskan 2 pahala disini adalah:

– Pahala membaca huruf Al-Quran yang mana 1 hurufnya akan dilipat gandakan menjadi 10 ganjaran kebaikan.

– Pahala bersabar untuk selalu belajar dan membaca Al-Quran, walau pertamanya terbata-bata dan kesulitan.

Maka, sangat rugi orang yang tidak membaca Al-Qurannya secara langsung karena dia akan kehilangan ribuan pahala yang akan diberikan oleh Allah ta’ala. Betapa tidak, jika satu hurufnya akan dilipatkan gandakan olehNya menjadi 10 kebaikan ??

Semoga pemaparan ini bermanfaat. Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad. 

PenulisMuhammad Abdurrahman Al Amiry

Artikelalamiry.net (Kajian Al Amiry)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s