Cara Menjaga Semangat Anda Agar Tidak Pernah Kendur!

Dalam proses mewujudkan sebuah mimpi, hal dasar yang harus selalu Anda miliki adalah semangat. Semangat tumbuh dari adanya keinginan yang benar-benar kuat untuk mewujudkan suatu impian yang besar. Dengan ditemani semangat yang menggebu, apapun rintangan dan kesulitan yang berusaha untuk memperlambat bahkan menghentikan perjuangan Anda, sedikitpun tidak akan menggoyahkan Anda.
“Yang Anda lihat hanyalah tujuan, impian besar Anda yang akan menjadi kenyataan. Begitulah semangat bekerja.”
Namun, semangat tidak akan selalu ada dengan Anda. Sesekali dia akan pergi meninggalkan Anda sehingga Anda pun mulai merasa lelah, perasaan untuk menyerah juga tidak jarang mendekati, putus asa sangat dekat dengan Anda, harapan Anda pun hilang. Karena dalam sebuah perjuangan, banyak sekali batu sandungan yang akan membuat Anda terjatuh, bukan sekali tapi berkali-kali. Sesuatu yang besar juga harus dibayar besar. Kesuksesan tidak akan membuka pintunya jika belum mencium bau darah dan keringat Anda. Maka tanpa tekad dan semangat yang kuat, Anda tidak akan mampu bertahan hingga sampai ketujuan.
Disinilah saatnya Anda butuh sesuatu untuk membuat semangat selalu setia menemani Anda. Anda harus memiliki strategi, membentengi diri terlebih dahulu sehingga semangat itu tidak pernah bisa pergi. Dengan begitu, Anda akan mampu menikmati setiap proses dalam mewujudkan mimpi besar Anda. Karena merupakan suatu kepuasan saat memperoleh sesuatu dengan perjuangan.
Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat semangat Anda tidak pernah kendur, diantaranya:
1. Tuliskan mimpi
Tulislah mimpi Anda, jangan hanya sekedar diingat. Dengan menulisnya, Anda akan berusaha untuk konsisten dengan mimpi Anda tersebut. Selain itu, tulis juga kapan target pencapaiaannya, target jangka pendek dan target jangka panjang. Sehingga perjalanan perjuangan Anda memiliki sesuatu yang mengontrolnya, yang mengarahkan Anda agar tetap fokus hingga tidak gampang terlengah dengan godaan-godaan lain yang mampu membuat Anda berpaling dari mimpi Anda.
2. Gunakan Gambar atau foto
Mimpi apa yang ingin Anda capai? Misalnya Ingin memiliki rumah yang bagus? Maka ambillah foto rumah impian Anda tersebut dan tempelkan di kamar Anda, di tempat yang Anda bisa dengan mudah melihatnya setiap hari. Dengan begitu Anda tidak akan pernah lupa untuk bersemangat karena mimpi Anda sudah ada di depan mata. Selain itu, dengan mengucapkan mimpi Anda tersebut setiap hari, berkali-kali, juga akan membuat Anda selalu berjalan hanya menuju mimpi tersebut, lebih dekat dan lebih dekat lagi. Karena dengan mengucapkannya berulangkali, alam bawah sadar Anda akan menyimpannya sehingga setiap hari yang ada dipikiran Anda hanyalah bagaimana cara mewujudkan mimpi itu.
3. Membaca dan ikuti seminar atau training
Berbagai kata-kata besar, yang cerah dan ceria, akan mampu menyuplai energi untuk membangkitkan semangat Anda. Jadikanlah buku-buku motivasi atau buku biografi orang-orang sukses sebagai buku favorit Anda. Kisah mereka akan mampu menjadi inspirasi bagi Anda. Selain itu, ikuti juga seminar-seminar motivasi atau training. Kegiatan seperti ini akan mampu membakar semangat Anda, membantu Anda melihat mimpi dengan lebih jelas, meyakinkan Anda bahwa semua mimpi itu sangat mungkin untuk diraih, dan memberi petunjuk jalan mana yang akan mendekatkan Anda dengan mimpi tersebut.
4. Bergaulah
Pilihlah tempat bergaul Anda. Berkumpullah dengan orang-orang sukses, orang-orang yang penuh dengan energi positif di dalam diri mereka, orang-orang yang akan membantu Anda tetap konsentrasi dengan impian Anda. Kesalahan memilih teman bergaul, akan berakibat fatal bagi Anda.
5. Perkuat Iman
Perkuatlah iman Anda, sertakan Tuhan dalam perjuangan Anda. Karena tanpa iman yang kuat, Anda akan sangat mudah goyah dengan rintangan-rintangan yang Anda hadapi. Memohonlah kepada Tuhan Anda untuk selalu membimbing dan memberi Anda petunjuk. Jangan pernah berhenti berharap dan yakinlah akan rencana terbaik Nya.
Bentengilah diri Anda dengan fondasi-fondasi yang kuat diatas sebelum memulai suatu perjuangan. Sehingga Anda pun akan tetap konsisten dengan target mimpi Anda meski berbagai rintangan yang harus Anda lewati. Dan, Karena setiap orang memiliki latar belakang motivasi yang berbeda-beda dalam membangun sebuah mimpi, maka setiap kali Anda merasa jenuh, lelah, dan putus asa, ingatlah kembali motivasi awal Anda memulai langkah perjuangan tersebut.
Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s