Berteman, Kenapa Tidak. Bahkan Seorang Introvert.

Saya memiliki beberapa teman dan murid yang introvert. Orang lebih menyederhanakan nya sebagai pribadi yang pendiam dan tertutup. Orang sering merasa serba salah jika ingin berteman dengan orang-orang introvert. Ketika diajak bergurau dia hanya tersenyum sedikit. Ketika berdiskusi dia lebih banyak mengiyakan dan sekedar membuat catatan. Ketika diajak jalan dia sering mengiyakan saja. Terserah.

Kita jengah, dia juga tidak merasa salah. Ya memang tidak salah. Seharusnya kita bisa melihat dari sudut pandang mereka.

Karena orang-orang introvert pasti banyak  mengalami hal yang sama

Tinggal di dunia yang ekstrovert dan merasa harus menyesuaikan diri

Namun, bisa tidak ya orang-orang introvert ini memulai “aksi” duluan ? Karena ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk masuk di pertemanan. Dan kami, dunia ekstrovert, akan senang sekali menyambut kamu

1. Menegur duluan

Pasti kita kaget kalau teman kita yang introvert, dalam suatu pagi, menegur kita duluan. Mengucapkan salam dan selamat pagi. Cara yang sungguh mudah. Di kemudian hari kondisi pertemanan yang lebih nyaman akan terjadi.

2. Ikutan grup messenger

Ikutan bukan sekedar ikutan. Terlibat. Seorang introvert yang ikut bersosialisasi dengan lingkungan nya akan membantu kenyamanan pertemanan.

3. Bertanya kabar

Pasti sulit buat seorang introvert. Rasanya pasti kikuk karena merasa sok-sokan peduli orang lain. Tiba-tiba pula. Tapi, percayalah, semua orang suka diperhatikan. Dan mendapatkan nya dari seorang pendiam adalah bahagia yang lebih banyak.

4. Follow atau add teman-teman mu

Kamu yang introvert pasti khawatir dianggap caper dan SKSD. Tapi, di era komunikasi seperti sekarang, pada akhirnya kamu akan sulit menghindar untuk ada di dunia maya. Jangan takut untuk melakukan retweet, komen, like, atau men share status teman mu yang bagus. Spread the love

5. Percaya dirilah

Orang introvert memang cenderung menghindari percakapan dan interaksi intens. Namun, kondisi itu sering membuat tidak nyaman teman bicaranya. Jangan ragu untuk membuat kontak mata. Karena, kalau kamu menghindar, itu malah membuat mereka merasa kamu menganggap mereka membosankan atau mengintimidasi.

Kamu tidak berniat begitu kan?

Yuk Berteman

6. Cari kesamaan

Like become like. Hal-hal yang sama memang lebih enak dirasakan daripada perbedaan. Adanya kesamaan membuat hubungan mu di sekolah, kampus, atau tempat kerja berjalan lebih kuat dan langgeng

7. Pergi ke suatu acara atau tempat

Sehabis aktivitas, entah kamu diajak atau mengajak, coba saja hangout bareng. Mulai dari makan bareng hingga ikut nonton film. Dalam kegiatan bersama-sama begitu, seseorang bisa jadi lebih terbuka, kesempatan baik buat kamu dan teman-teman saling mengenal lebih baik.

8. Meminta bantuan

Semua orang punya kelemahan dan manusia tidak bisa hidup sendirian. Karena itu, meminta bantuan dalam suatu kesulitan adalah hal yang wajar.  Bukan berarti kamu lemah kalau meminta bantuan. Itu justru menunjukkan betapa manusiawi nya kamu.

9. Jangan membanding-bandingkan diri

Setiap orang diciptakan unik. Seseorang berbeda bukan berarti dia salah. Perbedaan malah bisa memperkuat hubungan yang ada jika kita saling menerima sudut pandang.

Tidak perlu lah membanding-bandingkan karir, ekonomi, taraf pendidikan, dalam suatu hubungan. Terlebih hal-hal yang sensitif seperti ras, politik, afiliasi agama, hingga status sosial. Kadang kala kebencian muncul dan dipelihara karena rasa sakit yang kecil dan sepele.

Sesepele mau saling menghargai apa yang diyakini.

10. Tidak usah khawatir dengan penolakan

Satu-satu nya hal yang pasti gagal di dunia ini adalah keinginan untuk menyenangkan semua orang. Biar bagaimanapun, akan selalu saja ada orang yang tidak menyukaimu atau hal-hal yang dilakukan. Pasti ada saja mereka yang tidak ingin melihat mu bersinar di dunia.

Saat seseorang tidak menyukai mu, itu toh bukan akhir dunia. Kamu bisa saja ditolak dimanapun di dunia ini. Yang membedakan adalah bagaimana kamu meresponnya.

Buat seseorang mencari teman dan menjalin hubungan bisa jadi begitu sulit. Namun, bagaimana pun itu tetap harus dilakukan. Akan ada saja saat dimana kamu akan merasa sepi.

Siapa yang akan kamu ajak bicara soal acara televisi favorit mu ?

Siapa yang bisa kamu ajak diskusi soal fashion yang kamu pilih ?

Siapa dia yang bisa kamu curahkan sedikit masalah yang ada dalam keluarga ?

Mari kita berteman …

Semoga Bermanfaat Bagi kita Semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s