Terdapat Nilai dalam Sebuah Persahabatan

sahabat-dunia-akhirat
Kita dianjurkan bergaul dengan siapa saja, tetapi kita juga harus seleksi dalam mencari sahabat, karena ada pepatah bialng, kalau kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita akan kecipratan apinya, dan kalau kita bergaul dengan tukang minyak wangi, maka kita akan kebagian harumnya, oleh karena itu carilah sahabat dunia akhirat, karena ada 7 kategori sahabat, tetapi hanya 1 yang bisa bersama-sama kita sampai akhirat nanti, Apa saja diantara ke 7 sahabat itu:

1. “Ta’aruffan”, adalah persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, bioskop dan lainnya.

2. “Taariiihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama dan sebagainya.

3. “Ahammiyyatan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. “Faarihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing, dan sebagainya.

5. “Amalan”, adalah  persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama dokter, guru, dan sebagainya.

6. “Aduwwan”, adalah seolah sahabat tetapi musuh, didepan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya, “Bila engkau memperoleh nikmat, ia benci, bila engkau tertimpa musibah, ia senang” (QS 3:120).
Rasulullah mengajarkan doa”, Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yg bila melihat kebaikanku ia sembunyikan, tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan.”

7. “Hubban Iimaanan”, adalah sebuah ikatan persahabat yang lahir batin, tulus saling cinta & sayang karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya.
Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala.

Dari ke 7 macam persahabatan diatas, 1 – 6 akan sirna di Akhirat. yg tersisa hanya ikatan persahabatan yang ke 7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah.

Firman Allah dalam Al-Qur’an:
“Teman-teman akrab pada hari itu (Kiamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan”
(QS 49:10),
Juga dalam potongan yang lain sahabat yang bisa bersama-sama sampai akhirat nanti, yaitu “Selalu saling mengingatkan dlm kebaikan dan kesabaran..” (QS 43:67).

════════ Berkata Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu: Tidaklah seorang hamba diberi kenikmatan yang lebih besar setelah keislaman, selain sahabat yang sholih. Maka apabila kalian mendapati teman yang sholih, peganglah ia erat-erat”

══════════ Berkata Imam Syafi’i: ” Apabila kalian memiliki teman – yg membantumu dalam ketaatan- maka genggam erat tangannya, karena mendapatkan seorang sahabat itu sulit sedangkan berpisah darinya itu mudah”

══════════ Berkata Al Hasan Al Bashri: ” Sahabat2 kami lebih kami cintai daripada keluarga dan anak2 kami, karena keluarga kami mengingatkan kami pada dunia, sedangkan sahabat2 kami mengingatkan kami pada akhirat. Dan sebagian sifat mereka adalah : itsar (mendahulukan orang lain dalam perkara dunia)

═════💠💠═════ 💞 Berkata Luqman Al hakim pada anaknya: ” Wahai anak ku hendaknya yang pertama engkau usahakan setelah keimanan kepada Allah adalah mencari sahabat yang jujur. Karena ia ibarat pohon, bila engkau duduk berteduh di bawahnya, ia akan meneduhimu, bila engkau mengambil buahnya dia akan mengenyangkanmu, dan bila ia tidak memberimu manfaat, ia tidak merugikanmu”

═════💠💠═════ 💞 Ketika Imam Ahmad rahimahullah sakit, sampai terbaring di tempat tidurnya, sahabat beliau, Imam Syafi’i rahimahullah menjenguknya. Maka tatkala Imam Syafii melihat sahabatnya sakit keras, beliau sangat sedih, sehingga menjadi sakit karenanya. Maka ketika Imam Ahmad mengetahui hal ini, beliau menguatkan diri untuk menjenguk Imam Syafi’i. Ketika beliau melihat Imam Syafi’i beliau berkata: Kekasihku sakit, dan aku menjenguknya Maka aku ikut menjadi sakit karenanya Kekasihku telah sembuh dan ia menjengukku Maka aku menjadi sembuh setelah melihatnya.

═════💠💘💠═════ 🍁 Ya Allah berikan kepada kami sahabat sahabat yang sholih 🍁 Allah berfirman : : {وسيق الذين اتقوا ربهم إلى الجنة زمرا} . Imam Ibnul Qayyim berkata menafsirkan ayat ini: “Allah enggan memasukkan manusia ke dalam surga dalam keadaan sendirian, maka setiap orang akan masuk surga bersama sama dengan sahabatnya” 🌿 Aku memohon kepada Allah, dengan nama-namaNya dan sifat-sifatNya yang mulia, agar kita menjadi sahabat sejati dalam ketaatan, yang kelak tangan-tangan ini akan menggandeng tangan yang lain memasuki surgaNya.

Dan semoga Allah memberikan  sahabat kepada kita yang senantiasa mengajak kita dalam kebaikan dan juga selalu menasehati kita, apabila kita melakukan kesalahan.

Aamiiin yaa Rabbal ‘aalamiiin

525935_428801547138106_144555412229389_1590610_2088391194_n

Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca dan Terutama Penulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s